HEADER PA TPI

RAKORNAS KEARSIPAN TAHUN 2021 : Tahun Emas Kearsipan Satukan Langkah Mewujudkan Arsip Digital

Written by aji on .

Written by aji on . Hits: 779

RAKORNAS KEARSIPAN TAHUN 2021 : Tahun Emas Kearsipan Satukan Langkah Mewujudkan Arsip Digital

Rakornas Kearsipan

Rapat Koordinasi Nasional Kearsipan tahun 2021 diadakan secara virtual live streaming youtube dan diikuti oleh arsiparis yang berada di seluruh Indonesia baik itu Kementerian Lembaga,Provinsi, Kab Kota,Perguruan Tinggi, BUMN, BUMD, serta masyarakat umum maupun swasta. Acara ini merupakan puncak dari peringatan Hari Kearsipan Nasional : Satukan Langkah Mewujudkan Arsip Digital. Rakornas sendiri berlangsung di Jakarta, 8 Juni 2021. Salah satu CPNS PA Tanjungpinang formasi fungsional Arsiparis Pelaksana Terampil mengikuti acara tersebut secara live streaming youtube.

Acara dibuka oleh Rahmat Idris dan Dian Aryswari, kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Kearsipan Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Aswin Budiarto. Pemutaran video transformasi digital kearsipan memperlihatkan tentang bagaimana tata kelola arsip digital yang handal dan kearsipan merupakan aspek penting dalam pemerintahan mewujudkan reformasi birokrasi.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan laporan dari Plh Kepala ANRI, Dr. M. Taufik, M.Si secara daring. Beliau menjelaskan rakornas kali ini diikuti oleh lebih dari 2500 peserta. Selanjutnya acara resmi dibuka oleh Menteri PAN-RB yang diwakili oleh Deputi Bidang SDM Aparatur, Dr. Ir. Alex Denny, M.M.,

Acara selanjutnya adalah diskusi panel dan sembari menunggu acara, dilakukan pemutaran video ucapan selamat dari lembaga kearsipan Negara tetangga, seperti Vietnam, Filippina South East Asia Pacifik Audio Visual Archive.

Sesi pertama diskusi panel dipandu oleh Drs. Multi Siswati, M.M. (Deputi Bidang Konservasi ANRI) dengan narasumber Prahesti Pandanwangi , S.H., S.p.N, LLM (Direktur Aparatur Negara Kementerian PPN/Bappenas) dan Ir. Zanariah, M.Si (Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah IV Kemendagri ) membahas tentang Perencanaan dan Sinkronisasi Program Kearsipan Digital dalam Pembangunan Nasional serta Sinergi Program Kearsipan Instansi Pusat dan Daerah.

Rakornas Kearsipan 3

Sesi kedua diskusi panel dipandu oleh Drs. M. Imam Mulyantono, MAP (Kepala Pusat Data dan Informasi ANRI ) dengan materi Implementasi SPBE Bidang Kearsipan dengan 3 narasumber, Cahyono Tri Birowo (Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik), Samuel Abrijani Pangerapan, B.Sc (Deputi Bidang Aplikasi Informatika Kemenkominfo) dan Leonard Tampubolon ( Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Kementerian PPN/Bappenas)

Rakornas Kearsipan 2

Sesi berikutnya disampaikan oleh Widarno, S.H.,M.H (Kepala Biro Perencanaan dan Humas ANRI) mengenai Struktur Perencanaan dan Program Kearsipan Nasional 2020 -2024.

Acara berakhir dengan penyampaian pemenang pertanyaan terbaik selama sesi diskusi panel dan kemudian akan dilanjutkan dengan malam puncak Rapat Koordinasi Kearsipan Tahun 2021. (Tim Redaksi PA TPI)

Add comment


Security code
Refresh

Aplikasi Pendukung

simari komdanas  abs lpse 

sakti emonev bappenas perpus

satudja omspan sikep sirup

Logo JDIHAplikasi e bima Aplikasi e sadewa Aplikasi e rekon

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Tanjungpinang

Jl. Raya Senggarang, Telp: 081266250318

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Jam Kerja

SENIN - KAMIS

JUM’AT

08.00 – 16.30

08.00 – 17.00

ISTIRAHAT

SENIN - KAMIS

JUM’AT

12.00 – 13.00

11.30 – 13.00

WAKTU SIDANG

SENIN - KAMIS

09.00 - SELESAI