HEADER PA TPI

PANDUAN E-COURT

Written by Rakha on .

Written by Rakha on . Hits: 653

PANDUAN E-COURT

kopbaruwarna

 

E-Court adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online yang dapat diakses di http://www.ecourt.mahkamahagung.go.id/ .

 

Manfaat e-court adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online, Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik, dan Persidangan yang dilakukan secara Elektronik.

 

Berdasarkan PERMA No.3 Tahun 2018 yang telah disempurnakan dengan PERMA No.1 Tahun 2019, selain pengguna terdaftar yaitu advokat, pendaftaran perkara melalui e-court juga dapat dilakukan oleh pengguna lain (Non Advokat). Pengguna lain terdiri dari: Perseorangan, Perseorangan dengan kuasa insidentil, Kejaksaan sebagai Jaksa Pengacara Negara, Kementerian dan Lembaga (BUMN, BUMD, Badan Usaha Pemerintah).

 

Lahirnya PERMA No.1 tahun 2019 ini adalah bukti bahwa Mahkamah Agung telah melangkah ke Era Sistem Peradilan secara Elektronik yang disebut dengan E – Litigasi. Hal ini merupakan peningkatan dari sebelumnya dimana administrasi perkara secara elektronik (E -Court) terdiri dari 3 ruang lingkup aplikasi yaitu: E-Filing, E-Payment, dan E-Summon. Maka dengan ditambahkannya layana persidangan secara elektronik  (E-Litigasi) , proses pengurusan secara digital tidak hanya dilakukan dalam hal pembayaran perkara maupun biaya pemanggilan namun juga bisa pada proses persidangan.

 

Silahkan kunjungi youtube PA Tanjungpinang untuk melihat tutorial tata cara pendaftaran e-court bagi masyarakat umum para pencari keadilan.

 

https://youtu.be/VBq_Qep9Hq8

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kontak pelayanan PTSP.

 

(WA/No.HP) 0812-6625-0318

 

Lampiran e-book

 

Panduan E-COURT full

 

Panduan E-COURT (Pengguna Terdaftar/Advokat)

 

Panduan E-COURT (Pengguna Non-Advokat)

 

Aplikasi Pendukung

simari komdanas  abs lpse 

sakti emonev bappenas perpus

satudja omspan sikep sirup

Logo JDIHAplikasi e bima Aplikasi e sadewa Aplikasi e rekon

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Tanjungpinang

Jl. Raya Senggarang, Telp: 081266250318

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Jam Kerja

SENIN - KAMIS

JUM’AT

08.00 – 16.30

08.00 – 17.00

ISTIRAHAT

SENIN - KAMIS

JUM’AT

12.00 – 13.00

11.30 – 13.00

WAKTU SIDANG

SENIN - KAMIS

09.00 - SELESAI