HEADER PA TPI

RAMADHAN SEBAGAI SARANA MENUJU PERUBAHAN AHLAK MANUSIA

Written by Bambang Priawan on .

Written by Bambang Priawan on . Hits: 171

RAMADHAN SEBAGAI SARANA MENUJU PERUBAHAN AHLAK MANUSIA

RAMADHAN 3.1

 

Tanjungpinang||pa-tanjungpinang.go.id

Kamis 15 April 2021, Pukul 12.30.WIB, bertepatan dengan tanggal 3 Ramadhan 1442 H di Musholla Al Islah Pengadilan Agama Tanjungpinang mengadaakan kegiatan rutin ceramah dengan penceramah Drs. Nazaruddin, M.H.I. (Hakim) Mc. Alviatu Nicmah, A.Md.(CPNS)

RAMADHAN 3.2

beliau menyampaikan bahwa Ramadhan merupakan media membentuk karekter manusia yang lebih disiplin dalam segala aspek contoh dari pola makan yang tepat waktu, ibadah yang tepat waktu dan kebiasaan-kebiasaan lain yang mengarah kearah yang lebih baik.

Sehingga kita berazam untuk merubah diri kita kearah yang lebih baik dengan menerapkan disiplin dan pola kehidupan sesuai dengan ajaran agama islam karena setiap kebaikan apabila tidak dipaksakan maka tidak akan tercapai.

ramadhan 2.3

Sebagaimana dalam Al Quran Allah SWT berfirman dalam

Surat Ar Ra’d Ayat 11

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Artinya: “Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.”

Ketentuan-ketentuan Allah SWT mengenai puasa Ramadhan yang demikian sempurna mengisyaratkan kemuliaan dan pentingnya puasa bagi orang yang beriman, yaitu agar kita menjadi orang yang bertaqwa. Dengan demikian puasa Ramadhan memiliki makna ketaatan mahluk pada Penciptanya karena dengan berbagai persyaratan yang ditentukan dengan ikhlas kita tetap melaksanakannya dan sekaligus menjadi media untuk meningkatkan kualitas diri, yaitu dengan shaum dari perbuatan yang tidak baik, tetapi memperbanyak perbuatan baik.

Melalui puasa semoga kita menjadi agen perubahan yang taat dan berkualitas. Amiin. Bambang Priawan Tim IT Pa. TPI

 

Add comment


Security code
Refresh

Aplikasi Pendukung

simari komdanas  abs lpse 

sakti emonev bappenas perpus

satudja omspan sikep sirup

Logo JDIHAplikasi e bima Aplikasi e sadewa Aplikasi e rekon

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Tanjungpinang

Jl. Raya Senggarang, Telp: 081266250318

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Jam Kerja

SENIN - KAMIS

JUM’AT

08.00 – 16.30

08.00 – 17.00

ISTIRAHAT

SENIN - KAMIS

JUM’AT

12.00 – 13.00

11.30 – 13.00

WAKTU SIDANG

SENIN - KAMIS

09.00 - SELESAI