HEADER PA TPI

MENAKAR PRILAKU KERJA PPNPN PA. TANJUNGPINANG..

Written by RIBAT on .

Written by RIBAT on . Hits: 49

MENAKAR PRILAKU KERJA PPNPN PA. TANJUNGPINANG..

           evaluasi ppnpn sem 1

(Tanjungpinang/04/09/2023) melakukan evaluasi dan monitoring disingkat (monev) merupakan suatu kemestian, bila ingin kinerja suatu instansi mengalami perubahan kearah yang lebih baik. Dengan Monev maka semua akan terlihat dan terbuka sisi kelemahan dan kelebihannya serta dampaknya terhadap institusi. Namun pekerjaan Monev tidak hanya berpusat kepada aspek output yang dihasilkan, tetapi juga harus menjangkau aspek sebab akibat dari suatu proses yang berjalan, termasuk diantaranya upaya menggali nilai-nilai, motivasi, orientasi dan kecendrungan. Demikian disampakan oleh Ketua Drs. H. Ribat, S.H.M.H. saat kegiatan monev PPNPN PA Tanjungpinang pada hari Senin tanggal 4 september 2023 bertempat di ruang Media centre Pengadilan tersebut.

            Kegiatan yang juga di hadiri oleh Wakil Ketua Fahrurrazi S.Ag, Sekretaris Maimonalisa S.H. PLH Panitera Muhsin S.Ag. Lebih jauh beliau mengemukakan, biasanya seorang melakukan sesuatu dilatar belakangi banyak factor, diantaranya factor nilai, budaya, kebiasaan dan pengetahuan. Namun ada juga didorong oleh factor sanksi dan reword yang mendorong seseorang melakukan sesuatu. Banyaknya ragam factor inilah membuat suatu tindakan menghasilkan beragam output.

           

 evaluasi ppnpn sem 1 2

Agar kinerja yang dihasilkan bernilai ganda, maka semuanya harus bekerja dalam bingkai ibadah lillahi ta’ala. Dimana pekerjaan dilakukan mengandung nilai pahala, dan output yang dihasilkan luar biasa dan berhasil guna, kenapa itu bisa terjadi ? karena pekerjaan yang kita lakukan tidak pamrih dan tanpa iming-iming. Andaipun kita mendapatkan sesuatu apakah dalam bentuk uang, pujian dan sanjungan, hal tersebut hanya sebagai efek sampingan dan bukan tujuan utama kita, sebaliknya bila kita bekerja mengharap sesuatu (uang, pujian,sanjungan) bila hal tersebut tidak kita dapatkan maka akan kecewa, prustasi dan berakibat hilangnya gairah dan semangat kerja, tandasnya.

5 Dasar Penilaian.

            Meskipun demikian, untuk menakar apakah kinerja seseorang telah memenuhi standar dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai aturan, harus memiliki instrument sebagai data pengukjuran kinerja. Nah berdasarkan SK SEKMA No. 811//SEK/SK/VIII/2021 tentang Pedoman Pengelolaan PPNPN dinyatakan tentang Indikator prilaku kerja meliputi :

  1. Integritas
  2. Kedisiplinan
  3. Kerjasama
  4. Komunikasi
  5. Pelayanan

Kelima Indikator prilaku kerja di atas, bagian tak terpisah satu dengan lainnya dan harus diwujudkan dalam prilaku kerja PPNPN. Integritas tanpa kedisplinan, kerjasama dan komunikasi yang buruk akan berjalan pinjang menuju tujuan yang diharapkan. Begitu juga pelayanan yang diberikan tanpa integritas, kedisiplinan dan kerjasama Tim yang baik, akan berakhir dengan layanan kacau, tidak tertib dan brantakan.

     evaluasi ppnpn sem 1 3

Sebagai penutup perlu saya tegaskan sekali lagi, bahwa pentingnya monev PPNPN setiap bulan kita lakukan, adalah untuk memperkuat dan menajamkan kembali komitmen kita dalam bekerja, karena tidak jarang ditengah jalan terkadang kita mengalami kelesuan akibat rutinitas yang mendera kita. Dengan monev ini diharapkan akan   merefresh kembali semangat dan motivasi kita semua, yang akhirnya bermuara pada pengabidan tertinggi kita adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. (amin yrb by RR)

Add comment


Security code
Refresh

Aplikasi Pendukung

simari komdanas  abs lpse 

sakti emonev bappenas perpus

satudja omspan sikep sirup

Aplikasi Vision Aplikasi e bima Aplikasi e sadewa Aplikasi e rekon

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Tanjungpinang

Jl. Raya Senggarang, Telp: 081266250318

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Jam Kerja

SENIN - KAMIS

JUM’AT

08.00 – 16.30

08.00 – 17.00

ISTIRAHAT

SENIN - KAMIS

JUM’AT

12.00 – 13.00

11.30 – 13.00

WAKTU SIDANG

SENIN - KAMIS

09.00 - SELESAI